RSS

Tips Ketika Mengajukan KPR


1. Rasio penghasilan dan besar cicilan
Rasio penghasilan sangat menentukan lolos atau tidaknya permohonan. Umumnya bank mengambil rasio sebesar 1/3 dari penghasilan bersih (take home pay) dan jumlah cicilan bulanan, walaupun ada juga bank yang berani menawarkan rasio lebih tinggi. Jadi misalnya jika gaji kamu 5juta, dengan rasio 1/3 penghasilan bersih maka angka aman cicilan bulanannya adalah kira-kira 1,6 juta-an, dengan asumsi tidak punya tanggungan kredit yang lain, misalnya masih punya tanggungan kredit motor, mobil, atau lainnya.

2. Status Kepegawaian (bagi pekerja)
Tentunya pihak bank ingin debiturrnya lancar membayar cicilan sampai dengan lunas. Kemampuan debitur membayar setiap bulannya berhubungan dengan kepastian income yang didapat. Kriteria seperti ini pas dengan pekerja kantoran/formal. Untuk karyawan swasta haruslah berstatus pegawai tetap, dibuktikan dengan surat keterangan kerja, sedangkan pegawai negri dibuktikan dengan surat pengangkatan. Namun ada juga pegawai dengan status kontrak yang disetujui oleh bank. Bahkan tidak jarang orang yang tidak mempunyai pekerjaan formal seperti wirausaha dan belum memiliki badan usaha disetujui permohonan KPRnya.

3. Blacklist Bank Indonesia
Baca judulnya aja dah serem yah. Poin ini sering jadi jalan buntu bagi yang namanya sudah masuk ke dalam daftar . Backlist ini bisa dikarnakan adanya riwayat kredit yang buruk pada pinjaman/cicilan sebelumnya, pembayaran yang tidak lancar atau penunggakan tagihan atau bahkan yang lari dari kredit. Daftar blacklist ini bisa diakses oleh bank-bank atau perusahaan pemberi kredit lainnya melalui fitur Sistem Informasi Debitur (SID) aplikasi milik Bank Indonesia. Jadi jangan kaget jika nanti saat wawancara dengan bank, kamu disodorkan data 'daftar hitam' mu.
Disamping faktor-faktor diatas, ada satu hal yang mugkin sering terlewatkan, yaitu berdoa. Karena semua yang terjadi di dunia ini hanyalah atas izin dan kehendak-Nya. Jadi jangan takut untuk mencoba, semoga sukses!!
.
.
#bangunan #bahanbangunan #rumah #desainrumah #properti #propertisyariah #riba #bebasriba #investasi #investasirumah #berkah #bahagia #hidupbahagia #gayahidup #sehat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment