RSS

Tips & Trik Membeli Rumah


Membeli rumah memang susah-susah gampang, layaknya seperti mencari jodoh, cocok-cocokan. Terkadang sudah ketemu rumah yang pas dihati, eh gak pas dikantong. Sudah pas dikantong, tapi terlalu kecil. Besarnya ok, tapi modelnya bikin ilfil. Pusing!

Langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan agar mencari rumah lebih efektif? Tips berikut mungkin bisa membantu.
  1. Kunjungi pameran perumahan. Hal ini lebih efektif ketimbang mencari rumah lewat iklan baris, ataupun berkunjung langsung ke lokasi perumahan satu demi satu. Kunjungi setiap stand, ambil dan perhatikan dengan cermat brosur yang disediakan oleh tiap developer. Usahakan berkonsultasi dengan salesnya untuk mendapatkan informasi lebih rinci mengenai, fasilitas, cara pembelian, dan detil lainnya. Sesampai dirumah, pisahkan brosur yang masuk kedalam kriteria mu dengan yang tidak, misalnya karna kelewat mahal, atau karena lokasinya yang terlalu jauh dari kantor mu. Kunjungi lokasi pengembang satu demi satu untuk mendapatkan informasi tambahan tetang fasilitas publik, lingkungan sekitar, dan lainnya.
  2. Mengunakan jasa broker. Bagi yang terlalu sibuk, atau gak mau pusing dengan urusan tetekbengek proses pembelian rumah, menggunakan jasa broker bisa jadi solusi yang tepat. Broker membantu kita dalam hal; menaksir harga rumah agar tidak kelewat mahal, memeriksa dan mengurus terkait dengan legalitas rumah, dan detil lainnya. Ada biaya yang harus dibayar untuk jasa ini tentu saja, namun bisa jadi biaya tambahan yang kita keluarkan tersebut sepadan dengan penghematan waktu dan fikiran kita yg begitu berharga.
  3. Peruntukannya. Membeli rumah dengan tujuan sebagai tempat tinggal bukan satu-satunya alasan orang membeli rumah. Investasi menjadi salah satu alasannya. Untuk alasan ini lokasi rumah lebih penting ketimbang bentuk fisik (model) rumah tersebut.
  4. Kemampuan. Keinginan dan kemampuan sering tidak seiring sejalan, jadi jangan sampai besar pasak dari pada tiang yah! Karna kamu sendiri yang akan kesulitan nantinya. Yang terburuk dari semua adalah gagal bayar yang berujung penyitaan!
  5. Baru vs seken. Jangan malu untuk membeli rumah seken, dengan sedikit sentuhan, rumah seken dapat kembali terlihat cantik. Terkadang membeli rumah seken lebih menguntungkan, namun tentu saja harus memperhatikan kondisi atau kelayakan rumah. Jangan sampai saat harus meronvasi, biaya yang harus dikeluarkan malah lebih banyak ketimbang membeli rumah baru.

.
.
#bangunan #bahanbangunan #rumah #desainrumah #properti #propertisyariah #riba #bebasriba #investasi #investasirumah #berkah #bahagia #hidupbahagia #gayahidup #sehat #dinding #tips #trik



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment